PENERAPAN MEDIA BERBASIS NON ICT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. TELADAN

Hasanah, Nurul (2017) PENERAPAN MEDIA BERBASIS NON ICT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. TELADAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of N Hasanah.pdf]
Preview
Text
N Hasanah.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih kreativitas dan meningkatkan hasil belajar pada siswa MTs. Teladan Gebang. Penelitian ini dilakukan pada sebuah Madrasah Tsanawiyah yang memiliki latar belakang permasalahan yang terkait dengan Media Pembelajaran pada mata pelajaran Biologi. Berdasarkan hasil penelitian, untuk menganalisis data dalam penelitian ini ada beberapa hal yamg dilakukan diantaranya: (1) Pemerolehan data awal berupa nilai belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Manusia, (2) Melihat rendahnya hasil belajar, maka peneliti menganalisis sistem pengajaran yang dilakukan oleh Guru Biologi di Madrasah Tsanawiyah tersebut, (3) Dari analisis terhadap sistem pengajaran yang dilakukan Guru, peneliti melihat adanya penerapan atau penggunaan Media pembelajaran berupa HP Android sebagai media maupun sumber belajar utama bagi siswa, (4) Peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan Media berbasis Non ICT dengan memanfaatkan limbah bahan bekas sebagai Media pembelajaran yang efektif bagi siswa, (5)Dari penerapan pemebelajaran melalui Media berbasis Non ICT ini diperoleh adanya kreativitas siswa dalam pembelajaran Biologi selain itu hasil belajara juga menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs. Swasta Teladan. Dengan objek penerapan media berbasis non ICT materi sistem pernafasan manusia. Metode yang digunakan untuk mengetahui hasil secara individual dan klasikal merupakan kualitatif dan kuantitatif, dengan instrument penilaian proses berupa kreativitas dan proses unjuk kerja, serta instrument penilaian berupa tes dan observasi. Soal tes berupa tes isian sebanyak 10 soal yang diberikan diakhir siklus dengan memvalidkan soal terlebih dahulu melalui validitator. Berdasarkan hasil penelitian, pada free test rata-rata hasil belajar siswa hanya 35 % yang mencapai KKM. Setelah diadakan tindakan siklus I kemampuan siswa meningkat, 55% siswa telah memenuhi KKM. Pada siklus II kemampuan siswa lebih meningkat, 90 % siswa telah memenuhi KKM. Rata-rata kelas meningkat yakni sebelum diadakan tindakan 59,5 ,pada siklus I menjadi 67, dan siklus II menjadi 89.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Non ICT; Kreativitas; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:57
Last Modified: 24 Jan 2018 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28431

Actions (login required)

View Item
View Item