PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS X MIA 7 SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017

Handayani, Nurfajri (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS X MIA 7 SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of N Handayani.pdf]
Preview
Text
N Handayani.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan hasil belajar peserta didik pelajaran biologi; dan (2) Mendeskripsikan tindakan perbaikan pembelajaran penerapan pendekatan saintifik menggunakan LKPD yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Biologi di X MIA 7 SMA Negeri 11 Medan.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didikX MIA 7 SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017 berjumlah 37 orang. Tindakan perbaikan pembelajaran siklus I berupa penerapan pendekatan saintifik menggunakan LKPD dipandu oleh guru, dan siklus II berupa penerapan pendekatan saintifik menggunakan LKPD dipandu oleh ketua kelompok dan teman tutor sebaya. Hasil penelitian diperoleh: (1) persentase hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM (≥ 75) pada pembelajaran prasiklus dari 32,43 menjadi 62,16% pada siklus I dan 83,78% pada siklus II; Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan saintifik menggunakan LKPD meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 7 SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017. Langkah pembelajaran yang digunakan adalah: 1) Peserta didik telah duduk di kelompok masing-masing; 2) Guru membagi LKPD kepada membagi LKPD pada pertemuan sebelumnya 3) Masing-masing kelompok dipandu oleh ketua kelompok dan satu orang peserta didik sebagai tutor sebaya; 4) Peserta didik mengamati dan mendiskusikan masalah yang ditayangkan guru dengan media video; dan 5) Peserta didik menunjukkan hasil kerja kelompok masing-masing dengan cara mempresentasikan di depan kelas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Biologi; Hasil Belajar; Pendekatan Saintifik; LKPD; Tutor sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:55
Last Modified: 24 Jan 2018 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28430

Actions (login required)

View Item
View Item