Utomo, Muhammad Rizki and Mahrani, Yuyun (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
MR Utomo, Y Mahrani.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilakukan dengan populasi 30 orang siswa. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa 59,21% (rendah). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa 81,45% (Tinggi). Berdasarkan penyebaran siklus I angket diperoleh nilai angket motivasi belajar siswa, dari 30 siswa terdapat 5 orang siswa (16,66%) memiliki motivasi belajar yang tinggi dan 25 orang siswa tidak termotivasi atau kurang termotivasi (83,33%), dan hasil data motivasi angket secara klasikal masih tergolong rendah dan tidak termotivasi. Pada siklus II setelah peneliti melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri, diperoleh 24 orang siswa dari 30 orang siswa termotivasi dalam belajar IPA (80,00%), sedangkan 6 orang siswa tidak dan kurang termotivasi (20,00%) dalam belajar IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas VI SD.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Motivasi; Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 08:44 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28426 |