PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Utomo, Muhammad Rizki and Mahrani, Yuyun (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of MR Utomo, Y Mahrani.pdf]
Preview
Text
MR Utomo, Y Mahrani.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilakukan dengan populasi 30 orang siswa. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa 59,21% (rendah). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa 81,45% (Tinggi). Berdasarkan penyebaran siklus I angket diperoleh nilai angket motivasi belajar siswa, dari 30 siswa terdapat 5 orang siswa (16,66%) memiliki motivasi belajar yang tinggi dan 25 orang siswa tidak termotivasi atau kurang termotivasi (83,33%), dan hasil data motivasi angket secara klasikal masih tergolong rendah dan tidak termotivasi. Pada siklus II setelah peneliti melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri, diperoleh 24 orang siswa dari 30 orang siswa termotivasi dalam belajar IPA (80,00%), sedangkan 6 orang siswa tidak dan kurang termotivasi (20,00%) dalam belajar IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas VI SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Motivasi; Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:44
Last Modified: 24 Jan 2018 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item
View Item