PENGARUH PENGGUNAAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI (VARIATION SKILLS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK SEL DI KELAS XISMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT

Daulay, Marta Ito (2017) PENGARUH PENGGUNAAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI (VARIATION SKILLS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK SEL DI KELAS XISMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of MI Daulay.pdf]
Preview
Text
MI Daulay.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi terhadap hasil belajar Biologi materi pokok sel pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PA SMA Negeri 1 Angkola Barat yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Total Sampling. Sehingga sampel penelitian sebanyak 76 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen yakni untuk mengetahui hasil belajar Biologi sebelum dan sesudah menggunakan keterampilan mengadakan variasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata penggunaan keterampilan mengadakan variasi sebesar 2,71. Jika dikonsultasikan dengan kriteria penilaian, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru mengadakan variasi masuk kategori “Baik”. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Biologi pada materi pokok sel sebelum menggunakan keterampilan mengadakan variasi sebesar 50,59. Apabila dikonsultasikan dengan kriteria penilaian yang ditetapkan masuk kategori “Cukup”. Kemudian setelah menggunakan keterampilan mengadakan variasi, nilai rata-rata hasil belajar Biologi pada materi pokok sel diperoleh sebesar 73,83. Apabila dikonsultasikan dengan kriteria penilaian yang ditetapkan maka nilai tersebut masuk pada kategori “Baik”. Hipotesis yang ditegakkan dalam penelitian berbunyi ”Terdapat Pengaruh yang Signifikan Antara Keterampilan Mengadakan Variasi (Variation Skills) dengan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sel Di Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 58,72, jika dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = (N-nr) = 76 – 2 = 74, maka diperoleh t-tabel = 1,6673. Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata hipotesis alternatif (Ha) yang ditetapkan diterima, terlihat dari thitung lebih besar dari ttabel (t-hitung > t-tabel = 58,72 > 1,6673). Berarti hipotesis yang ditegakkan pada penelitian ini dapat diterima dan disetujui.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Keterampilan Mengadakan Variasi; Hasil Belajar; Materi Pokok Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:39
Last Modified: 24 Jan 2018 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item
View Item