PROGRAM SIMULASI MEMBEDAKAN JENIS SAMPAH PADA SISWA SDN 101868 BATANG KUIS MELALUI ROLE PLAYING UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA

Megawati (2017) PROGRAM SIMULASI MEMBEDAKAN JENIS SAMPAH PADA SISWA SDN 101868 BATANG KUIS MELALUI ROLE PLAYING UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Megawati.pdf]
Preview
Text
Megawati.pdf - Published Version

Download (879kB) | Preview

Abstract

Adiwiyata merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup untuk menciptakan sekolah berbudaya lingkungan. Pelaksanaan program adiwiyata terdapat dalam Peraturan Mentri Lingkungan Hidup No 5 Tahun 2013. SDN 10868 Desa Sena Batang Kuis merupakan salah satu sekolah yang mengikuti program adiwiyata dan telah mendapat kan predikat adiwiyata tingkat Kabupaten. Masalah yang paling urgen di sekolah tersebut mengenai terselenggaranya proram adiwiyata adalah sampah. Sebanyak 80% siswa di SDN 101868 Batang Kuis tidak dapat membedakan kelima jenis sampah yaitu organik, residu, reuse, reduce, dan B3. Untuk mengatasi hal ini digunakan program simulasi jenis sampah melalui model role playing untuk mewujudkan sekolah adiwiyata. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan simulasi jenis-jenis sampah dengan model role playing dapat meningkatkan kemampuan siswa membedakan jenis sampah. Dengan persentase sebesar 86 % pada kategori sangat baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: simulasi jenis sampah; model role palyaing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:37
Last Modified: 24 Jan 2018 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28423

Actions (login required)

View Item
View Item