PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI KELAS X SMA SWASTA AL WASLIYAH TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014

Sarah, Mei and Pinem, Iskandar and Murad, Abdul (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI KELAS X SMA SWASTA AL WASLIYAH TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of M Sarah, I Pinem, A Murad.pdf]
Preview
Text
M Sarah, I Pinem, A Murad.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode-metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sudah banyak yang diterapkan dan dimanfaatkan yang diperoleh adalah hasil belajar yang baik dari siswa yaitu siswa yang berprestasi. Keberhasilan dari penerapan metode-metode ini tidak lepas dari kemampuan guru mengkombinasikan metode pembelajaran dan mempertimbangkan tingkat kesukaran materi pembelajaran dengan keadaan siswa dilihat dari segi psiokologi. Hasil belajar adalah ukuran tentang kenyataan yang menggambarkan derajat kualitas, dan eksistensi keadaan yang belajar. Hasil belajar itu sendiri melukiskan tingkat pencapaian siswa atas tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan oleh guru. Evaluasi hasil belajar bermakna bagi semua komponen dari proses pembelajaran, terutama bagi para peserta didik, proses pembelajaran dan pengelolahan program. Pada dasarnya tujuan melakukan evaluasi adalah untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memberikan penilaian hasil belajar. Metode pembelajaran kekuatan dua kepala (the power of two) termasuk bagian dari belajar kooperatif yang praktek pelaksanaannya adalah dengan belajar dalam kelompok kecil dengan menumbuhkan kerja sama secara maksimal melalui kegiatan pembelajaran oleh teman sendiri dengan anggota dua orang di dalamnya untuk mencapai kompentensi dasar. Metode Pembelajaran Think Pair and Share menggunakan metode diskusi berpasangan. Dengan metode pembelajaran ini siswa dilatih bagaimana mengutarakan pendapat dan siswa juga belajar menghargai pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada materi/tujuan pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar; The Power of Two; Think Pair and Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:38
Last Modified: 24 Jan 2018 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28415

Actions (login required)

View Item
View Item