Nasution, Latifah and Hasruddin and Sipahutar, Herbert (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN AUTENTIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA MATAKULIAH MIKROBIOLOGI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
L Nasution, Hasruddin, H Sipahutar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juli tahun 2016. Subjek penelitian ini adalah (1) validator ahli materi mikrobiologi sebanyak 2 orang; (2) validator ahli evaluasi dan asesmen sebanyak 3 orang; (3) validator ahli keterampilan proses sains sebanyak 2 orang; (4) dosen pengampu matakuliah mikrobiologi sebanyak 2 orang; dan (5) mahasiswa jurusan biologi, prodi pendidikan biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan, semester VIII sebanyak 60 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat asessmen autentik berbasis kontekstual untuk mengukur keterampilan proses sains mahasiswa pada matakuliah mikrobiologi yang layak secara empiris. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan pendistribusian. Namun pada penelitian ini tahap pendistribusian tidak dilakukan. Prosedur pengembangan dimulai dari tahap: (1) analisis awal; (2) perancangan perangkat asesmen autentik; (3) validasi, uji keterbacaan dan uji coba lapang terbatas perangkat asesmen autentik. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon dosen dan mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode pengumpulan hasil validasi dan angket respon dosen dan mahasiswa, kemudian data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi perangkat asessmen autentik berbasis kontekstual pada matakuliah mikrobiologi yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi oleh validator ahli materi, diperoleh persentase sebesar 92,79% (sangat baik), dari aspek evaluasi dan asesmen oleh validator ahli evaluasi dan asesmen diperoleh persentase sebesar 93,75% (sangat baik), dari aspek keterampilan proses sains oleh validator ahli keterampilan proses sains diperoleh persentase sebesar 97,22% (sangat baik). Hasil uji keterbacaan yang dilakukan oleh dosen pengampuh matakuliah mikrobiologi diperoleh persentase sebesar 94,94% (sangat baik) dan hasil uji coba lapang terbatas yang dilakukan terhadap 60 orang mahasiswa diperoleh persentase sebesar 91,19% (sangat baik).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Asessmen Autentik; Keterampilan Proses Sains; Kontekstual Mikrobiologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education S Agriculture > SF Animal culture > SF600 Veterinary medicine > SF780.2 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 07:16 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28410 |