PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING ( SCL) PADA MATERI KULTUR JARINGAN

Lubis, Jalilah Azizah and Ginting, Nurmaini (2017) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING ( SCL) PADA MATERI KULTUR JARINGAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of JA Lubis, N Ginting.pdf]
Preview
Text
JA Lubis, N Ginting.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan hasil belajar yang dikembangkan dengan pendekatan student centered learning (SCL) dalam materi kultur jaringan di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan berdasarkan kriteria penilai BNSP. Penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan prosedur penelitian meliputi desain faktorial pretest – postest control group design. Penelitian ini membandingkan pretes hasil belajar dengan postest hasil belajar dengan perlakuan menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) . Data yang diperoleh berupa data kualitatif. Dari hasil penelitian ini didapatkan selisih rata – rata pre –test dan post – test sebesar 52,06 dimana rata – rata hasil belajar siswa diatas KKM yaitu 84,75 dari data hanya 3 siswa yang tidak tuntas dan 4 siswa pada batas tuntas dan 21 siswa nilainya melebihi KKM mata pelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Eksperimen; Peningkatan; SCL; Hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:01
Last Modified: 24 Jan 2018 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28406

Actions (login required)

View Item
View Item