Lubis, Jalilah Azizah and Ginting, Nurmaini (2017) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING ( SCL) PADA MATERI KULTUR JARINGAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
JA Lubis, N Ginting.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan hasil belajar yang dikembangkan dengan pendekatan student centered learning (SCL) dalam materi kultur jaringan di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan berdasarkan kriteria penilai BNSP. Penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan prosedur penelitian meliputi desain faktorial pretest – postest control group design. Penelitian ini membandingkan pretes hasil belajar dengan postest hasil belajar dengan perlakuan menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) . Data yang diperoleh berupa data kualitatif. Dari hasil penelitian ini didapatkan selisih rata – rata pre –test dan post – test sebesar 52,06 dimana rata – rata hasil belajar siswa diatas KKM yaitu 84,75 dari data hanya 3 siswa yang tidak tuntas dan 4 siswa pada batas tuntas dan 21 siswa nilainya melebihi KKM mata pelajaran.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Eksperimen; Peningkatan; SCL; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 07:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28406 |