Nasution, Irda Wahida and Manurung, Binari and Gultom, Tumiur (2017) PERBANDINGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF BIOLOGI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN PENEMUAN TERBIMBING. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
IW Nasution, B Manurung, T Gultom.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif biologi yang dibelajarkan dengan: (1) model pembelajaran berbasis proyek, dan (2) model pembelajaran penemuan terbimbing di kelas X MAS Al-Wasliyah 22 Tembung. Model penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan sampel penelitian 2 kelas yang ditentukan secara random sampling. Kelas X-A dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek, dan kelas X-B dibelajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Instrumen penelitian menggunakan uji hasil keterampilan metakognitif dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji t pada tingkat signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan: ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan metakognitif biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran (thit = 2,05; P = 0,043). Hasil keterampilan metakognitif biologi yang dibelajarkan dengan model berbasis proyek (86,14 ± 3,8) secara signifikan lebih tinggi daripada model penemuan terbimbing (84,61 ± 2,71). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan para guru dapat menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada bahan ekosistem sebagai upaya untuk meningkatkan hasil keterampilan metakognitif.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 06:55 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28404 |