Sirait, Irmawanti (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA TOPIK BIOTEKNOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 PANAIHULU. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
I Sirait.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa di kelas XII SMA Negeri 1 Panaihulu. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian adalah kelas XII IPA2 dibelajarkan dengan metode discovery dan kelas XII IPA3 dibelajarkan dengan metode konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: Keterampilan Proses Sains siswa yang dibelajarkan dengan meto de discovery (73,21 ± 5,73) lebih tinggi dari metode konvensional (61,57 ± 6,18). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan metode pembelajaran discovery pada topik bioteknologi dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Proses Sains; Discovery; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 06:16 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28398 |