Sitorus, Haji Hamidun and Hasruddin and Edi, Syahmi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTs. DAARUL HIKMAH SEI ALIM ASAHAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
HH Sitorus, Hasruddin, S Edi.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap: Berfikir kritis siswa pada materi ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes berfikir kritis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan α = 0.05 dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap tes berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata79.33) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65.50) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 44.83). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan berfikir Kritis siswa.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
|---|---|
| Keywords: | Ekositem; Berfikir Kritis; Inkuiri |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 24 Jan 2018 05:30 |
| Last Modified: | 24 Jan 2018 05:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28396 |
