Haryati and Manurung, Binari and Gultom, Tumiur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI EKOLOGI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Haryati, B Manurung, T Gultom.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kelas X-1 (kontrol) dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22,0. Hasil penelitian menunjukkan: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (F= 4,371; P= 0,039). Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (86,55 ± 4,0) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model model konvensional (80,61 ± 3,3). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekologi dalam upaya meningkatkan hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 24 Jan 2018 05:26 |
| Last Modified: | 24 Jan 2018 05:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28395 |
