UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 1 SIBABANGUN

Simbolon, Hotrimsyah and Siregar, Saddam Hamidi (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 1 SIBABANGUN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of H Simbolon, SH Siregar.pdf]
Preview
Text
H Simbolon, SH Siregar.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar IPA siswadi kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusiadi kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksankan dalam duasiklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: tahap pertama perencanaan (planning), tahap kedua pelaksanaan (action), tahap ketiga observasi (observation) dan tahap keempat refleksi (reflectioan). Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar angket minat siswa, lembar instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh melalui pendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun khususnya pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia, berdasarkan hasil tes belajar minat siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 68,33 dan siklus II sebesar 77,92. Berdasarkan data hasil penelitian melalui observer kinerja guru diperoleh persentase sebesar 53,13% pada siklus I dan siklus II sebesar 89,06%, Kemudian berdasarkan hasil angket minat siswa diperoleh pada siklus I sebesar 80,8% dan pada siklus II sebesar 84,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPA siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini menyarankan (a) pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan dalam upaya meningkatkan minat belajar IPA siswa, (b) kepada guru, diharapkan dapat mengimplementasikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokokbahasan yang lain pada mata pelajaran biologi atau pada materi pelajaran yang sesuai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL); Minat Belajar IPA siswa Dan Sistem Pernapasan Pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 05:22
Last Modified: 24 Jan 2018 05:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item
View Item