Insani, Harifah and Zaputra, Riki and Mariana (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 6 PEKANBARU T.A. 2014/2015. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
H Insani, R Zaputra, Mariana.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November 2014 di SMPN 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII3 dan VIII5 dengan jumlah siswa masing-masing 33 siswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,50 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol 0,40 (kategori sedang). Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara berpikir kreatif siswa kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 6 Pekanbaru
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Proyek; Berpikir Kreatif; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 05:15 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28392 |