PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN TANPA AUDIOVISUAL PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM

Damayanti, Friska (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN TANPA AUDIOVISUAL PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of F Damayanti.pdf]
Preview
Text
F Damayanti.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual dan tanpa audiovisual serta mengetahui apakah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2010/2011 dilaksanakan selama bulan Mei - Juni 2011. Tujuan penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 8 kelas (320 siswa) sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling dan terdiri dari 2 kelas (80 siswa) yaitu kelasa VII A (ekspserimen) dan VII C (control. Alat pengumpul data berupa tes pilihan berganda sebanyak 25 soal setelah tes diuji terlebih dahulu validitas, reliabilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data nilai siswa baik pre tes maupun post tes dari kedua sampel yang diuji dengan uji normalitas Liliefors berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas dengan uji F, data pre tes dan post tes dari kedua sampel tersebut memiliki varians yang sama (homogen). Selain itu, hipotesis yang diuji dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa ada perbedaab yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual dan tanpa audiovisual (thitung 10,65 > ttabel 1,99). Hasil belajar siswa dengan menggunakan media audiovisual lebih tinggi X ̅_1 ± SD1 = 8,02 ± 0,48 dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan audiovisual X ̅_2 ± SD2 = 6, 35 ± 0,51. Peningkatkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual lebih besar yaitu 1,86 sedangkan untuk kelas yang diajarkan tanpa menggunakan media audiovisual sebesar 0,95. Dengan demikian media audiovisual sangatlah penting dalam proses belajar mengajar demi pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Audiovisual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 05:04
Last Modified: 24 Jan 2018 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28389

Actions (login required)

View Item
View Item