Prianti, Ajeng Lola and Sofiyan and Sarjani, Tri Mustika (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 5 LANGSA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
AL Prianti, Sofiyan, TM Sarjani.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division denganTwo Stay Two Stray pada materi system ekskresi di kelas XI SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 109 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA3 sebagai kelompok eksperimen I menggunakan model Student Teams Achievement Division dan kelas XI IPA4 sebagai kelompok eksperimen II menggunakan model Two Stay Two Stray, Dimana masing-masing berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi sistem ekskresi dikelas XI SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2014/2015, bahwa dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) Lebih baik dari pada dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). Besarnya perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) adalah 72 dan model Two Stay Two Stray adalah 77,92 adanya selisih nilai perbedaan hasil belajarnya sebesar 5,92. Data diperoleh setelah diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan data dari hasil penelitian, Berdasarkan hasil pengolahan data di atas diperoleh nilai t sedangkan nilai Ttabel hitung untuk dk 54 pada taraf signitifikasi 5% adalah 2,006. Melihat ketentuan dalam pengujian hipotesis,maka diperoleh t hitung > T tabel adalah 3,54 yaitu 3,54>2,006 Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Student Teams Achievement Division (STAD) Two Stay Two Stray (TSTS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 10:52 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 10:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28367 |