PENGARUH APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU

Yusna, Ana and Muammar, M. Rezeki and Rahmawati (2017) PENGARUH APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of A Yusna, MR Muammar, Rahmawati.pdf]
Preview
Text
A Yusna, MR Muammar, Rahmawati.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dan guru merupakan suatu masalah yang mendasar di SMAN 1 Muara Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adanya Pengaruh Aplikasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Disertai Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMAN 1 Muara Batu. Pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Muara Batu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan adalah 318 siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan siswa kelas X3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X2 dan siswa kelas X3 sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai media audio visual dengan model konvensional adalah ¯x1 = 41.1 dan ¯x2 = 34,5. Data dianalisis dengan t-tes. Hasil penelitian diperoleh thitung ≥ ttabel (3.968 ≥ 2,021). Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai media audio visual dengan model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai media audio visual terhadap hasil belajar siswa dikelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMAN 1 Muara Batu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Problem Based Instruction (PBI); Model Konvensional; Media Audio Visual; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 23 Jan 2018 10:34
Last Modified: 23 Jan 2018 10:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28362

Actions (login required)

View Item
View Item