Hutabarat, Tommy Parningotan and Gultom, Syamsul (2017) STUDI KOMPARATIF TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI FAMILY FITNESS CABANG CAMBRIDGE CITY SQUARE DAN FAMILY FITNESS CABANG CENTRE POINT KOTA MEDAN. Jurnal Sains Olahraga, 1 (2). pp. 60-68. ISSN 2580-5150 (Unpublished)
ARTIKEL.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
REVIEWER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan kualitas pelayanan antara Family Fitness Cambridge City Square dan Family Fitness Centre Point. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dan melakukan penyebaran angket sebagai instrument penelitian. Populasi dalam penelitian adalah berjumlah 700 orang untuk Family Fitness Cambridge City Square dan 500 orang untuk Family Fitness Centre Point. Jumlah sampel 60 orang dengan perincian 30 orang dari masing-masing club yang secara kebetulan dijumpai saat dilakukan pengumpulan data (accidental sampling).
Instrument penelitian untuk pengumpulkan data dengan melakukan penyebaran angket. Penelitian ini melihat perbedaan kualitas pelayanan antara Family Fitness Cambridge City Square dan Family Fitness Centre Point dengan menggunakan perhitungan statistik uji-t . Setelah data terkumpul dilakukan analisis hipotesis hasil perhitungan angket Family Fitness Cambridge City Square diperoleh thitung = 0,034 bila dibanding dengan ttabel yaitu 2,020 pada taraf signifikan 5% dan dk = 30+30-2 = 58. Karena dk = 58 berada di antara dk = 40 dan dk = 60 maka dilakukan interpolasi sehingga diperoleh nilai ttabel sebesar 2,020. Karena thitung (0,034) > ttabel (2,020) maka H0 diterima dan Ha ditolak.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan pembahasan penelitian, maka terdapat beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Kualitas pelayanan Family Fitness Cambridge City Square tergolong sangat baik untuk kategori Reliability, serta tergolong baik untuk kategori Tangibility, Responsivenes, Assurance dan Empathy. 2) Kualitas pelayanan Family Fitness Centre Point tergolong sangat baik untuk kategori Tangibility, Reliability, dan Empathy, sedangkan Assurance, dan Responsivenes tergolong baik. 3) Tidak ada perbedaan yang bermakna antara kualitas pelayanan Family Fitness Cambridge City Square dan Family Fitness Centre Point kota Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | komparatif; kualitas pelayanan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 09:22 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 09:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28357 |