KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI SUPERVISOR MENINGKATKAN KINERJA DI SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN

Ramly (2010) KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI SUPERVISOR MENINGKATKAN KINERJA DI SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 045030467 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
045030467 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of 045030467 Abstrak.pdf]
Preview
Text
045030467 Abstrak.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 045030467 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
045030467 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 045030467 Bab I.pdf]
Preview
Text
045030467 Bab I.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview
[thumbnail of 045030467 Bab V.pdf]
Preview
Text
045030467 Bab V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 045030467 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
045030467 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : I) Dalam fungsinya sebagai supervisor, kepala SMP Nuru! !slant Indonesia Medan, memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan pola yang diinginkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah. 2) Kecerdasan emosional dalam meningkatkan kinerja bukanlah harapan yang Sliiit dinmjudkam„ sebab, kepala sekolah adalah seorang pemimpin pendidikan yang memiliki karakteristik yang mampu mengarahkan bawahannya melalui kecerdasan yang dimiliki dalam meningkatkan kinerja sekolah. 3) Jabatan yang paling menentukan pada setiap sekolah, kepala sekolah memegang peranan yang menentukan keberhasilan visi dan nisi sekolah. 4) Kepala sekolah telah menunjukkan sikap yang kompromis dalam mensupervisi guru dan pegawai dalam mencapai tujuan yang digariskan.Penelitian ini menemukan bahwa peran ganda seorang kepala sekolah sangat menentukan berhasil tidak is menialankan roda kepcmimpinannya menuju arah yang diinginkan. Artinya semakin banyak peran ganda kepala sekolah, maka akan semakin terbagi pulalah perhatiannya dalam memimpin sekolah, sehingga peran ganda yang tidak dibarengi dengan kecerdasan emosional yang inantap, mengakibatkan kinerja yang tidak maksimal. Jika kinerja tidak maksimal, maka hasilnyapun akan kurang maksimal. Termasuk dalam fungsinya sebagai supervisor, terutama meningkatkan kinetja lembaga yang dipimpinnya, kepala sekolah semestinya memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan pola yang diinginkan jabatannya sebagai kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah. Kecerdasan emosional dalam meningkatkan kincrja bukanlah harapan yang sulit diwujudkan. Sebab, kepala sekolah adalah seorang pemimpin pendidikan yang memiliki karakteristik yang mampu mengarahkan bawahannya melalui kecerdasan yang dimiliki dalam meningkatkan kinerja sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 068 Ram k
Keywords: Kinerja sekolah; Supervisor; Kompetensi; Kecerdasan emosional; Ketatausahaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Jun 2016 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item
View Item