Lubis, Ahyani Ridhayani (2010) PENGARUH MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH SERBELAWAN. Masters thesis, UNIMED.
081188930024 - KataPengantar.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
081188930024 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
081188930024 - DaftarIsi.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
081188930024 - Bab-I.pdf - Published Version
Download (902kB) | Preview
081188930024 - Bab-V.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
081188930024 - DaftarPustaka.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan basil belajar biologi clan retensi (daya ingat) antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung; (2) perbedaan hasil belajar biologi dan retensi (daya ingat) antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media charta; (3) pengaruh interaksi model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar biologi dan retensi (daya ingat) siswa. Penelitian dilakukan di SMP Swasta Muharamadiyah Serbelawan pada tahua pelajaran 2009/2010.Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 4 kelas yang ditentukan secara random sampling (sampel acak) yaitu kelas V11-1 dengan pembelajaran kontekstual menggunakan media animasi komputer; kelas VT1-4 dengan pembelajaran kontekstual menggunakan media charta; kelas V11-3 dengan pembelajaran langsung menggunakan media animasi komputer; sedangkan kelas VH-2 dengan pembelajaran langsung menggunakan media charta. Instrumen penelitian menggunakan tes basil belajar berjumlah 25 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil belajar siswa didapat dari postes yang diberikan pada akhir pembelajaran setelah materi selesai diajarkan sedangkan retensi siswa diperoleh setelah 21 hari materi selesai diajarkan. Teknik analisis yang digunakan teknik Analisis Covarians (Anacova) dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows.Hasil penelitian dan pengujian anacova menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan basil belajar biologi antara siswa yang dibelajarkan pembelajaran kontekstual (82,94) dengan siswa yang dibelajarkan pembelajaran langsung (75,63); (2) Terdapat perbedaan retensi antara siswa yang dibelajarkan pembelajaran kontekstual (77,69) dengan siswa yang diajarkan pembelajaran langsung (74,44); (3) Terdapat perbedaan basil belajar biologi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media animasi komputer (82,06) dengan siswa yang dibelajarkan dengan rnenggunalcart media charta (76,50); (4) Terdapat perbedaan retensi (daya ingat) antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media animasi komputer (80,19) dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media charta (71,94); (5) Tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran .dan penggunaan media pembelajaran terhadap basil belajar biologi siswa; dan (6) Tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran terhadap retensi (daya ingat) siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Lub p |
Keywords: | Model; Media; Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 19:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2818 |