MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Harahap, Indra Maulana (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis masalah mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi pokok Masalah-Masalah Sosial. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa/i kelas V SD Negeri 060843 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada dasarnya sama pentingnya dengan mata pelajaran lainnya. IPS mampu memberikan kompetensi live skill pada siswa seperti penguasaan kecakapan hidup sehingga dapat tumbuh sebagai generasi yang kuat, berkahlak mulia, inovatif serta dapat menjawab tuntutan perkembangan zaman. Jika diperhatikan pernyataan di atas mestinya pembelajaran IPS di sekolah menjadi suatu kegiatan yang disenangi peserta didik, akan tetapi kenyataan yang terjadi dilapangan masih banyak siswa yang tidak termotivasi untuk belajar IPS. Hal ini diperkuat data peneliti pada saat melakukan observasi berupa tanya jawab baik pada siswa, guru dan kepala sekolah mengenai pembelajaran IPS di SDN 060843. Adapun datanya pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 35 orang siswa, yang termotivasi adalah 6 orang dengan persentase (17,14%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I
meningkat menjadi 15 orang siswa termotivasi dengan persent
ase (42,85%), kemudian terjadi peningkatan pada siklus I
pertemuan II yaitu 18 orang siswa termotivasi dengan persentas (51,43%), juga terjadi peningkatan pada siklus II
pertemuan I yaitu 29 orang siswa termotivasi dengan persentase (82,85%), lanjut pada s
iklus II pertemuan II yaitu 33 orang
siswa termotivasi dengan persentase (94,28%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran
Berbasis Masalah
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS dengan materi pokok
masal
ah
-
masalah sosial
di kelas V SD Negeri 060843 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Ilmu sosial; Motivasi belajar; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 06:09
Last Modified: 13 Jan 2018 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item
View Item