MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION

Billah, Arif (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan menghargai dan menaati keputusan bersama di Kelas V SD Negeri 097338 Parbeokan Tahun Pelajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 097338 Parbeokan. Yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri 097338 Parbeokan. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar observasi lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa), dan juga Tes. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I, rata-rata hasil belajar 64,29. Ketuntasan belajar, belum tuntas secara klasikal. Sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa 76,28, dan ketuntasan hasil belajar, sudah tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menghargai dan menaati keputusan bersama di kelas V SD Negeri 097338 Parbeokan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 04:45
Last Modified: 13 Jan 2018 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28155

Actions (login required)

View Item
View Item