PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Simanjuntak, Launa Yenny Abadi (2017) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match di kelas IV SD Negeri 173652 Tanjung Pasir Kec. Parmaksian Kab. Toba Samosir. Subyek penelitian ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes. Kriteria ketuntasan belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 65. Seorang siswa dikatakan telah tuntas belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 65. Penelitian ini terdiri dari dua Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada
Siklus I peneliti memberikan pretest kepada 23 orang si
swa untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberi tindakan. Berdasarkan hasil belajar pretest terdapat 19 (82,61%) siswa yang belum tuntas dengan dan 4 (17,39%) siswa yang masuk dalam kategori tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 49,13. Pada saat dilaksanakan Siklus I dapat diketahui bahwa dari 23 siswa orang siswa sebanyak 9 orang siswa (39,13%) yang mendapat hasil belajar tidak tuntas dan sebanyak 14 orang siswa (60,87%) yang masuk dalam kategori tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 63,48. Jika dibandingkan dengan nilai tes awal, maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan tes Siklus II dapat diketahui sebanyak 2 orang siswa (8,70%) yang belum tuntas dalam belajar dan sebanyak 21 orang siswa (91,30%) yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,57. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada Siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus menandakan bahwa tidak perlu lagi diadakan Siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Strategi Pelajaran Index Card Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peta Di Kelas IV SD Negeri 173652 Tanjung Pasir T.A 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Ilmu sosial; Index card match; Strategi pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 04:29
Last Modified: 13 Jan 2018 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28153

Actions (login required)

View Item
View Item