AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Depari, Siska Erviani (2017) AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Aktivitas dan keterampilan sosial merupakan dua komponen yang sangat penting untuk diciptakan dalam proses pembelajaran. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas dan seseorang yang terampil berhubungan dengan orang lain akan lebih berhasil dalam mencapai tujuan. Tujuan pembelajaran mencakup domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Aktivitas dan keterampilan sosial merupakan domain psikomotorik yang berhubungan dengan domain kognitif dan afektif. Salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran adalah faktor guru dalam melakukan pengajaran. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan guru harus dapat menciptakan aktivitas dan keterampilan sosial siswa. Model pembelajaran yang mampu mencapai ketiga ranah/domain tersebut adalah model pembelajaran Kooperatif. Model pembelajaran Kooperatif berlandaskan oleh teori konstruktivisme sosial Vygotsky yang menekankan bahwa pengetahuan dibangun dan dikonstruksi secara mutual. Keterlibatan dengan orang lain membuka kesempatan bagi siswa mengevaluasi dan memperbaiki pemahaman. Maka dari itu, model pembelajaran kooperatif bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik, toleransi, menerima keragaman dan pengembangan keterampilan sosial. Model pembelajaran make a match (mencari pasangan) merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat menciptakan aktivitas dan ketrampilan sosial dalam pembelajaran. Pada model ini, aktivitas siswa meliputi memperhatikan pertanyaan atau jawaban pada kartu, melakukan diskusi, mendengarkan penjelasan dari teman (pasangan), mencatat pertanyaan dan jawaban dan memecahkan soal dari pertanyaan yang diberikan serta menunjukkan rasa senang melakukan pembelajaran. Sedangkan keterampilan sosial siswa meliputi kerjasama dengan teman, melakukan diskusi, bertanggung jawab menyelesaikan tugas secara bersama, melakukan tanya jawab dan mengkomunikasikan jawaban yang telah diselesaikan bersama.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Keterampilan sosial; Make a match; Aktivitas belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 07:50
Last Modified: 10 Jan 2018 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28111

Actions (login required)

View Item
View Item