PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Rafli, Muhammad Febri (2017) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian bertujuan mengukur pengaruh tingkat kompetensi sosial guru di SD Negeri 057225 Lorong Siku terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi terdiri dari semua guru dan siswa di SD Negeri 057225 Lorong Siku. Sampel penelitian yaitu 43 siswa kelas IV, V, dan IV di SD Negeri 057225 Lorong siku, ditarik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen untuk pengumpulan data kompetensi sosial guru adalah kuesioner terstruktur yang terdiri dari item yang dikembangkan dengan empat (4) pilihan berdasarkan format Likert yang berjumlah 24 item. Prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui teknik dokumentasi hasil nilai Ujian Akhir Semester 2016/2017. Data penelitian ini memenuhi uji asumsi klasik yang berarti bisa digunakan untuk menganalisi pengaruh variabel independen dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kompetensi sosial guru ternyata berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai R2 sebesar 0.094 dengan Sig. 0.045. Hal ini memperlihatkan bahwa organisasi pendidikan menengah perlu senantiasa melakukan pengembangan kompetensi tenaga pengajarnya. Dengan kompetensi yang selalu diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan pendidikan terkini, para pengajar memiliki bekal lebih baik untuk membantu anak didiknya dalam mencapai prestasi yang membanggakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kompetensi sosial; Prestasi belajar; Guru; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:17
Last Modified: 08 Jan 2018 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28077

Actions (login required)

View Item
View Item