Simanjuntak, Madonna (2017) PENGARUH SIKAP SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Penelitian bertujuan mengukur pengaruh sikap sosial siswa di SMP YPK Tri Murni Medan terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang di desain menggunakan metode kuantitatif. Populasi terdiri dari semua siswa di YPK Tri Murni. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX yang berjumlah 21 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen untuk pengumpulan data sikap sosial siswa adalah kuesioner terstruktur yang terdiri dari item yang dikembangkan dengan lima pilihan berdasarkan format Likert yang berjumlah 43 item. Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa diperoleh melalui teknik dokumentasi hasil nilai Ujian Akhir Semester Gasal 2016/2017. Data penelitian ini memenuhi uji asumsi klasik yang berarti bisa digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel independen dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sikap sosial siswa ternyata berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai R2 sebesar 0.233.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Sikap sosial; Prestasi belajar; Pendidikan kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jan 2018 02:47 |
Last Modified: | 08 Jan 2018 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28075 |