Simanjuntak, Pangihutan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5122121007 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
02. NIM. 5122121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
03. NIM. 5122121007 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
04. NIM. 5122121007 PREPACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
05. NIM. 5122121007 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. NIM. 5122121007 TABELS.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
07. NIM. 5122121007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
09. 5122121007 CHAPTHER I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
08. 5122121007 LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
13. 5122121007 CHAPTHER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. 5122121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik. Penelitian ini merupakan Kuasi Eksperimen yang membandingkan hasil belajar 3 (tiga) kelompok perlakuan dengan rancangan faktorial 2 x 2. Dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Medan dengan jumlah siswa 103 orang. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang ditetapkan melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reabilitas. uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi biserial. uji reabilitas tes digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar gambar teknik yang valid diperoleh 28 butir dari 40 butir tes yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitas diperoleh sebesar 0,904. Hasil uji persyaratan annalisis menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa berada pada distribusi normal dan variansi populasi adalah homogen dimana normalitas diuji dengan Liliefors dan Homogenitas diuji dengan Uji Barlett. Penelitian menunjukkan bahwal: Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional (F = 4,48 signifikan pada α = 0,01). Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (F = 10,42 signifikan pada α = 0,01). Dengan tingkat motivasi belajar tinggi, hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional (Q = 5,4545 signifikan pada α = 0,01). Dengan tingkat motivasi belajar rendah, hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi model pembelajaran inkuiri dan motivasi belajar yang mempengaruhi hasil belajar. Hasil perbandingan ganda menunjukkan bahwa kelompok siswa model inkuiri yang memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok-kelompok lainnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 093 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN , MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ210.2 Mechanical devices and figures. Automata. Ingenious mechanisms. Robots (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:11 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28050 |