Gultom, Frisdo Erikson (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5133321016 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
02. NIM. 5133321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
03. NIM. 5133321016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
04. NIM. 5133321016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
01. NIM. 5133321016 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
02. NIM. 5133321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
03. NIM. 5133321016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
05. NIM. 5133321016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. NIM. 5133321016 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
07. NIM. 5133321016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
08. NIM. 5133321016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
12. NIM. 5133321016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM. 5133321016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dan ekspositori pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI TP 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI TP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 12 soal. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran project based learning sedangkan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran ekspositori kemudian diberikan post tes pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis data post tes diperoleh hasil belajar teknik pemesinan bubut pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 59,80 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 53,84. Rata-rata hasil post test untuk kedua kelas belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 75. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa thitung = 1,32 dan ttabel = 1,67 maka thitung < ttabel (1,32 < 1,671). Hasil ini menunjukkan Ha ditolak atau H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut siswa kelas XI TP 3 dan XI TP 2 SMK N 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 095 |
Keywords: | Model pembelajaran project based learning, ekspositori, hasil belajar teknik pemesinan bubut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ210.2 Mechanical devices and figures. Automata. Ingenious mechanisms. Robots (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:10 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28047 |