Panjaitan, Lixpen Saritua (2017) ANALISIS KESULITAN GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5133321031COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. 5133321031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. 5133321031 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. 5133321031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
5. 5133321031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. 5133321031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 5133321031 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. 5133321031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. 5133321031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. 5133321031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. 5133321031 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kesulitan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran teknik mesin berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Medan; dan (2) mengetahui dimensi apa yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran teknik mesin berdasarkan Kurikulum 2013 di kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek penelitian guru-guru SMK teknik mesin di kota Medan, yaitu berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Uji validitas menggunakan validitas isi dimana para ahli diminta untuk mengamati secara cermat semua item dalam tes yang hendak di validasi. Kemudian mereka di minta untuk mengoreksi item-item yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik-deskriptif yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk presentase. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesulitan guru dalam tugas pokok dan fungsi guru secara umum masuk dalam kategori tidak sulit yaitu sebesar 80,55%. Namun, masih ada beberapa guru masuk kategori sangat sulit yaitu sebesar 5,56%. (2)guru dalam melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian otentik pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 masuk dalam kategori tidak sulit. (3) dimensi yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Medan adalah dimensi penilaian otentik; dan (4) guru laki-laki dan guru non PNS lebih kesulitan dalam melakukan tahapan perencanaan dan penilaian otentik dalam Kurikulum 2013. Kemudian guru lulusan Perguruan Tinggi Negeri dan guru yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 selama delapan semester lebih kesulitan dalam melakukan tahapan pelaksanaan penilaian otentik. Sedangkan, guru sekolah negeri lebih kesulitan dalam tahapan perencanaan dan penilaian dibandingkan guru sekolah swasta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 087 |
Keywords: | Kesulitan Guru, Teknik Mesin, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:07 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28041 |