Riska, Amalia Dila (2017) ANALISIS KETERSEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN DI KECAMATAN KEBAYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2010 DAN 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 3133131003 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
02. NIM 3133131003 LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
03. NIM 3133131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
04. NIM 3133131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
05. NIM 3133131003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
06. NIM 3133131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
07. NIM 3133131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
08. NIM 3133131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
09. NIM 3133131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
10. NIM 3133131003 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
15. NIM 3133131003 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
16. NIM 3133131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
Abstract
Analisis Ketersediaan Fasilitas
Pendidikan di Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2010 dan
2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Medan, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ketersediaan fasilitas
pendidikan berdasarkan Permendiknas No.24 Tahun 2007 2) Ketersediaan fasilitas
pendidikan berdasarkan Teori Muta’ali.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh fasilitas pendidikan di tingkat
Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
baik negeri maupun swasta yang berada di Kecamatan Kebayakan. Populasi tersebut
langsung dijadikan sampel untuk penelitian ini (total sampling). Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi
langsung dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik
analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Fasilitas pendidikan dari tingkatan
SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang ada di Kecamatan Kebayakan tahun 2010
dan 2016 belum sesuai dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dan Teori
Muta’ali. Pada tahun 2010 berdasarkan Permendiknas No. 24 tahun 2007, di
Kecamatan Kebayakan untuk bangunan SD dan SMP telah tersedia namun masih
kekurangan 1 unit SMA. Dan di Kecamatan Kebayakan untuk tahun 2016 seluruh
tingkatan pendidikan sudah cukup walaupun tidak sesuai dengan Permendiknas No.
24 tahun 2007. Dari segi prasarana pendidikan masih banyak prasarana pendidikan
yang belum tersedia misalnya tempat ibadah, ruang konseling, ruang UKS, ruang
OSIS, ruang sirkulasi dan tempat olahraga. Dan dilihat berdasarkan teori Muta’ali
pada tahun 2010 di Kecamatan Kebayakan untuk tingkatan SD telah mencukupi,
akan tetapi mengalami kekurangan 1 unit SMP dan kekurangan 2 unit SMA. Pada
tahun 2016 berdasarkan teori Muta’ali, di Kecamatan Kebayakan untuk tingkatan SD
dan SMP sudah mencukupi, dan perlu adanya penambahan 1 unit SMA. Jadi
ketersediaan fasilitas pendidikan SD, SMP dan SMA di Kecamatan Kebayakan
belum sesuai dengan standar sarana dan prasarana pendidikan dari pemerintah yaitu
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 dan berdasarkan teori Muta’ali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 085 |
Keywords: | Ketersediaan ; fasilitas ;pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 12:33 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28003 |