Ginting, Novia Febina (2017) ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PPKN DALAM MENGAKTIFKAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131111031 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 3131111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 3131111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 3131111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 3131111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 3131111031 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM. 3131111031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM. 3131111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
12. NIM. 3131111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13. NIM. 3131111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Keterampilan Mengajar Guru PPKn Dalam Mengaktifkan Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi secara langsung ke SMA Negeri 9 Medan, penyebaran angket, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 267 orang dan sampel yang digunakan adalah 21% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 56 orang dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 9 Medan dapat disimpulkan bahwa responden yang menjawab guru PPKn menguasai keterampilan mengajar dalam mengaktifkan siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan yaitu dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa, memberikan pujian kepada siswa, mengajar dengan metode secara bervariasi, menyampaikan materi yamg mudah dipahami, membuka dan menutup pempelajaran, sebelum memulai pembelajaran selalu menyampaikan tujuan materi yang akan disampaikan, memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan pendapat, mengadakan diskusi kelompok, mengelola kelas dan memperhatikan siswa, memberikan motivasi kepada siswa, pada saat masuk ke ruang kelas selalu memberikan kata salam, memberikan nasihat moral kepada siswa, pada saat memberi perintah siswa melaksanakannya, siswa mengerjakan tugas rumah yang diberikan, menjelaskan tujuan yang terkandung dalam Pancasila, menerapkan sifat gotong royong, menggunakan media pembelajaran agar peserta didik tidak bosan, metode pembelajaran yang membuat siswa berpartisipasi aktif dalam pempelajaran, menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan mudah dipahami dan pada saat pembelajaran berlangsung siswa mengikutinya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 104 |
Keywords: | analisis, keterampilan guru, partisipasi siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 11:57 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27974 |