Yusniarti (2017) PEMBERIAN MOTIVASI GURU PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMAN 1 LINGGA BAYU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3132111015 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM. 3132111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 3132111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 3132111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 3132111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 3132111015 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 3132111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 3132111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 3132111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM. 3132111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 3132111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian motivasi guru Pkn untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X SMAN 1 lingga bayu tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Lingga Bayu yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 120 siswa. Maka yang menjadi sampel dari penelitian adalah 20% dari jumlah populasi yaitu 24 orang siswa yang dipilih secara acak (random sampling). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan angket. Untuk menguji dan menganalisis data agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka dari itu dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 69,44%, artinya bahwa guru PKn sudah memberikan motivasi belajar dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sudah baik/tinggi.Terlihat dari cara guru mengajar dengan menciptakan suasana belajar yang edukatif sehingga bukan hanya guru saja yang aktif dalam memberikan materi dikelas akan tetapi siswa juga menunjukkan motivasi dan semangat yang baik sehingga guru dan siswa menciptakan interaksi yang aktif dalam belajar. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai, dan mengevaluasi peserta didik serta dapat memberikan motivasi belajar untuk meningkatkan hasil belajar setiap siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 094 |
Keywords: | Pemberian Motivasi,Hasil Belajar,Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 11:54 |
Last Modified: | 22 Dec 2017 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27962 |