Iihwana, Dedek (2017) PENGARUH KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK TAMAN SISWA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341056 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. NIM 7133341056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
3. NIM 7133341056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM 7133341056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
5. NIM 7133341056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6. NIM 7133341056 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 7133341056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 7133341056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
12. NIM 7133341056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM 7133341056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question dan Information Search terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X AP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa yang beralamat di Jl. Sabarudin No 8 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar.Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima option. Dimana sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di ujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05.
Dari hasil analisa data setelah diberikan perlakuan berbeda menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 85 dengan standart deviasi 6,29. Dan rata-rata kelas kontrol 59,33 dengan standart deviasi 1,125. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji liliefors, dan untuk mengethui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung =6,5990 dan ttabel 1,671. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung>ttabel yaitu 6,5990>1,671 maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Information Search terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 076 |
Keywords: | KOLABORASI STARETGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATIOHN SEARCH, HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:07 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27938 |