Sianturi, Vitriani (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK TAMAN SISWA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341102 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM. 7133341102 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM. 7133341102 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 7133341102 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM. 7133341102 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM. 7133341102 TABLES.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7. NIM. 7133341102 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. NIM. 7133341102 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
12. NIM. 7133341102 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM. 7133341102 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dengan Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI AP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa yang beralamat di Jl. Sabarudin No 8 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima option.dimana sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05.
Dari hasil analisa dan data kelas kelas eksperimen rata-rata pre-test dan post-test yaitu 36,59 dan 80 dengan standar deviasi 10,56 dan 10,65. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung= 10,5925 dan ttabel = 1,674. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung>ttabel yaitu 10,5925 > 1,674. Melalui kriteria pengujian hipotesi dapat ditentukan bahwa jika thitung>ttabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 072 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT; HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:05 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27934 |