ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP SIKAP PROSOSIAL

Selian, Khalida Mustika (2017) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP SIKAP PROSOSIAL. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran inovatif terhadap pembentukan sikap prososial siswa kelas III SDN 064034 Kec. Medan Johor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran inovatif terhadap pembentukan sikap prososial siswa kelas III SDN 064034 di Kec. Medan Johor. Dalam menghadapi era global ini, perbaikan mutu pendidikan sangatlah berperan penting, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah penerapkan pembelajaran inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Model yang digunakan adalah model The four Level Kirkpatrick (reaction, learning, behaviour, and result). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 064034. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran inovatif terhadap sikap prososial siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) level reaksi, reaksi siswa terhadap model pembelajaran inovatif sangat antusias karena baru pertama kali guru menerapkan beberapa model dalam satu bulan di setiap pelajaran. Namun, keadaan siswa kurang kondusif karena siswa saling berperan aktif (2) level pembelajaran, hasil evaluasi pembelajaran siswa dikategorikan sangat baik. Hasil posttest siswa terhadap materi pembelajaran menggunakan berbagai metode pembelajaran inovatif mengamalami peningkatan dibandingkan dengan hasil pratest serta perilaku prososial yang dilihat pada siswa juga mengalami peningkatan, (3) level perilaku, dikategorikan sangat baik, perilaku yang difokuskan dalam penelitian ini adalah perilaku prososial siswa, yaitu perilaku bekerjasama, berbagi, jujur, dan menolong. (4) level hasil, dampak penerapan pembelajaran yang inovatif pada siswa kelas III SDN 064034 dalam membentuk sikap prososial siswa dalam kategori baik. Terbentuknya sikap prososial siswa terlihat dari cara siswa berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sekelas, guru dan lingkungan sekolah. Hal ini akan menjadi bekal bagi para siswa di masa yang akan datang untuk dapat berkompetisi dengan bangsa lain di era global ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran inovatif; Sikap prososial; Model kirkpatrick; Era global
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1041 Social perception. Social cognition
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Dec 2017 04:58
Last Modified: 22 Dec 2017 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27933

Actions (login required)

View Item
View Item