Landong, Ahmad and Rangkuti, Yulita Molliq (2017) ENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa SD. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 060843 Medan Barat sebanyak 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap sikus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes pretest, tes pada siklus I, tes pada siklus II dan validitas data. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini telah diperoleh penemuan bahwa terjadinya peningkatan-peningkatan mengenai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tentang konsep pecahan di kelas V sekolah dasar, sehingga dapat disimpulkan penggunaan PMR dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan. Oleh karena itu penulis merekomendasikan penggunaan PMR kepada para guru sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan di sekolah dasar.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Matematika realistik; Soal cerita; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 04:22 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27929 |