Rosramadhana (2017) PROBLEMATIKA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN IPS (SEJARAH, GEOGRAFI, EKONOMI, DAN SOSIOLOGI) DALAM MENGHADAPI MEA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan basis dari pengetahuan siswa di tingkat Sekolah Dasar dalam mengenal individu dan kelompok. Persoalan yang kerap muncul dalam pembelajaran IPS adalah kurangnya inovatif dan kreativitas guru dan siswa dalam berpikir kritis. Pembelajaran secara konvensional dalam IPS akan berdampak pada perkembangan daya pikir dan pengembangan jaringan. Tantangan besar dalam menghadapi globalisasi adalah kurangnya kesiapan dalam menyikapi sebuah masalah. Untuk kurun waktu saat ini tantangan besar adalah menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Untuk itu diperlukan kesiapan khususnya guru dan siswa dalam pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan antara lain mencapai program memperoleh gambaran tentang suatu daerah/lingkungan sendiri mendapatkan informasi tentang suatu lingkungan daerah/wilayah Indonesia, memperoleh pengetahuan tentang penduduk Indonesia, menumbuh-kembangkan kesadaran dan wawasan kebangsaan, mengetahui kebutuhan hidup, mampu merasakan sebuah kemajuan khusunya teknologi mutakhir, mampu berkomunikasi, bekerjasama dan bersaing ditingkat lokal, nasional dan internasional, mampu berinteraksi sebagai makhluk sosial yang berbudaya, memiliki kepekaan terhadap fenomena sosial budaya, danmemiliki integritas yang tinggi terhadap negara dan bangsa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran inovatif; Teknologi; Ilmu sosial; Masyarakat ekonomi Asean |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 09:36 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27920 |