Pratama, Putra (2017) PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKLUMENTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131122037 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. NIM. 3131122037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 3131122037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 3131122037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 3131122037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM. 3131122037 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 3131122037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 3131122037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
12. NIM. 3131122037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13. NIM. 3131122037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Perkembangan di era globalisasi sekarang ini menuntut perkembangan juga di dunia pendidikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya tersebut perlu adanya peningkatan dalam dunia pendidikan. Salah satu yang harus diwujudkan dalam peningkatan dunia pendidikan adalah pengembangan media pembelajaran. SMA Negeri 1 Binjai memiliki fasilitas lab komputer dan lcd yang mendukung penggunaan media pembelajaran digital sebagai salah satu inovasi. Pengembangan suatu media pembelajaran berbasis Film dokumenter diharpakan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan film dokumenter sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai.Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, dan observasi. Media film dokumenter dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan Borg dan Gall dan Dick and Carey. Kesimpulan dari penelitian ini adlaah Media film dokumenter layak diterapkan dalam pembelajaran., penilaian dari ahli materi dan ahli media masing-masing adalah 80% (termasuk kriteria Valid) dan ahli media (80%). Sementara itu, penilaian yang diberikan siswa pada tahap uji one to one, uji kelas kecil, dan uji Kelas besar masing-masing secara berturut-turut 82% (termasuk kriteria valid); 84% (termasuk kriteria Valid) dan 85% (termasuk kriteria Sangat valid). Secara keseluruhan, media film dokumenter mampu menarik perhatian siswa untuk belajar, memudahkan belajar siswa, serta merangsang siswa mengingat materi secara lebih mudah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 SJRH 121 |
Keywords: | PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER, PEMBELAJARAN SEJARAH |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 12:38 |
Last Modified: | 20 Dec 2017 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27918 |