Nurjannah (2017) PENDIDIKAN IPS SEBAGAI PENATAAN KEPRIBADIAN ANAK BANGSA MENUJU INTEGRASI NASIONAL. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) memiliki fungsi yang strategis sebagai wahana pembangunan integrasi persatuan dan kesatuan bangsa. Pengertian integrasi sendiri dipandang dari segi politis merupakan suatu proses yang menyatukan berbagai kelompok sosial, aliran dan kekuatan-kekuatan lainnya dari seluruh wilayah di tanah air guna untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sehat, dinamis, berkeadilan sosial, demokratis dan progressif dengan berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Dalam usaha mewujudkannya, adapun faktor-faktor pendorong integrasi nasional diantaranya : (a) Faktor Sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan; (b) Keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia sebagaimana dinyatakan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928; (c) Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia, sebagaimana dibuktikan perjuangan merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan (d) Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, sebagaimana dibuktikan oleh banyak pahlawan bangsa yang gugur di medan perjuangan; dan (e) Kesepakatan atau konsensus nasional dalam perwujudan Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila dan UUD 1945, bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, bahasa kesatuan bahasa Indonesia.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Penataan kepribadian; Integrasi nasional; Ilmu sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 04:25 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27876 |