PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM BERORIENTASI KKNI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Setiawan, Deny (2017) PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM BERORIENTASI KKNI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum berorientasi KKNI di FIS UNIMED. Subjek penelitian ini yaitu: Validator ahli sebanyak 5 yang terdiri dari: (1) ahli desain kurikulum; (2) ahli IPS; (3) ahli Geografi; (4) ahli PKn; dan (5) ahli Antropologi. Metode Penelitian dalam peneitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang akan ditempuh untuk menghasilkan produk model kurikulum berorientasi KKNI di FIS UNIMED dibagi menjadi empat tahapan, yaitu : (1) analisis pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) validasi produk, dan (4) uji kelayakan produk. Data dikumpulkan melalui angket validasi ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa kurikulum berorientasi KKNI yang dikembangkan pada penelitian ini sangat layak diterapkan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dari pembuatan perangkat pembelajaran (silabus dan rencana perkuliahan semester) yang akan dikembangkan pada tahun kedua.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kurikulum; Pendidikan tinggi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Dec 2017 04:22
Last Modified: 14 Dec 2017 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27828

Actions (login required)

View Item
View Item