Rahayu, Sri (2009) KEEFEKTIFAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERIKANAN (BPPP) MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
065030601 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
065030601 Abstrak.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
065030601 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
065030601 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
065030601 Bab V.pdf - Published Version
Download (875kB) | Preview
065030601 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana rencana diklat pengolahan hasil perikanan terhadap keefektifan diklat, bagaimana pelaksanaan diklat pengolahan hasil perikanan terhadap keefektifan diklat dan bagaimana evaluasi diklat pengolahan hasil perikanan terhadap keefektifan diklat di BPPP Medan.Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan rencana diktat pengolahan hasil perikanan, untuk mendeskripsikan pelaksanaan diklat pengolahan hasil perikanan dan untuk mendeskripsikan evaluasi diklat pengolahan hasil perikanan di BPPP Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang meliputi peneliti sebagai human instrument ditemukan beberapa simpulan sebagai berikut:Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di BPPP Medan ternyata belum sepenuhnya dilaksanakan secara optimal belum sempurna, maksudnya masih adanya kekurangan atau kelemahan pada pelaksanaan diklat. Kelemahan yang ada terlihat pada: pertama, perencanaan program yang belum sepenuhnya melibatkan SDM lembaga yang terkait, kedua, penyusunan instrumen yang belum matang atau sempurna, ketiga belum ditetapkannya syarat minimal untuk mengikuti program diklat, keempat, pembuatan rekapitulasi calon peserta diklat yang kurang cermat dan tidak teliti, kelima, masih seringnya terjadi pendistribusian bahan ajar yang terlambat, keenam, peralatan bahan dan praktek serta fasilitas ruang praktek yang kurang lengkap, ketujuh, kemampuan sebagian widyaiswara yang masih kurang memadai dan hasil evaluasi diklat yang kurang sempurna.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka kesimpulan penelitian ini adalah yang penting sebagai berikut: pertama, perencanaan program diklat dilakukan dengan melibatkan SDM lembaga yang terkait untuk mendapatkan tujuan dan pencapaian kualitas program yang baik. Kedua, perlu ditetapkan oleh pusat persyaratan minimal calon peserta yang akan mengikuti diklat, Ketiga, rekapitulasi calon peserta agar lebih diseleksi jangan sampai peserta yang ikut orangnya sama. Keempat, para widyaiswara/pelatih agar mempersiapkan bahan ajar dan dirinya sebelum tampil di depan kelas. Kelima, sangat diharapkan penambahan jam praktek dan bahan praktek juga perbaikan atau penggantian fasilitas maupun peralatan praktek yang sudah lama. Keenam, kemampuan, keahlian para widyaiswara/pelatih terus dikembangkan dan diperdalam sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Ketujuh, diharapkan hasil evaluasi penyelenggaraan diklat dapat dijadikan sumber informasi dan perbandingan dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan perbaikan program diklat pada masa yang akan datang sehingga tercapai apa yang diharapkan oleh semua pihak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 639.207 1 Sri k |
Keywords: | Perikanan; Program diklat; Kurikulum diklat; Evaluasi diklat; Materi diklat; Manajemen diklat |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2777 |