Tijan and Santoso, Apik Budi (2017) KESIAPAN SATUAN PENDIDIKAN DASAR DI JAWA TENGAH DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN NASIONALISME DAN KARAKTER BANGSA. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimana kesiapan satuan pendidikan dasar di Jawa Tengah dalam melaksanakan pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa berdasarkan kurikulum tahun 2013 dilihat dari (1) visi, misi, dan kebijakan sekolah; (2) pengembangan dokumen kurikulum dan proses pembelajaran; (3) kegiatan kesiswaan (ekstrakurikuler) melalui kegiatan rutin, pembiasaan, keteladanan, dan kegiatan terprogram; dan (4) ketersediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan tahun pertama dari tiga tahun yang dirancang, bersifat evaluatif, dan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Tahun pertama ini dilakukan untuk menganalisis konteks dan input dengan menekankan pada objek yang menjadi komponen-komponen bagi kesiapan satuan pendidikan dasar untuk pelaksanaan pendidikan karakter bangsa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keseluruhan komponen yang dibutuhkan 1) visi dan misi, 2) kebijakan kelembagaan, 3) kurikulum (dokumen dan proses pembelajaran), 4) kesiswaan (kegiatan rutin, pembiasaan, keteladanan, dan terprogram), serta 5) ketersediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana pada satuan pendidikan dasar di Provinsi Jawa Tengah untuk melaksanakan pendidikan karakter telah siap sebagaimana ditentukan pedomannya oleh pemerintah. Mengingat masih ada kendala kekurangsiapan pada kegiatan kesiswaan yang terprogram, maka direkomendasikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi segera melaksanakan Training of Trainer (ToT) bagi pembina kesiswaan dan ekstrakurikuler satuan pendidikan dasar.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan nasionalisme; Karakter bangsa; Kesiapan sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 08:20 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27764 |