HUBUNGAN KINERJA KOMPONEN-KOMPONEN SEKOLAH DENGAN PERWUJUDAN SEKOLAH BERMUTU DI SMP NEGERI KABUPATEN LABUHAN BATU

Thabrani (2009) HUBUNGAN KINERJA KOMPONEN-KOMPONEN SEKOLAH DENGAN PERWUJUDAN SEKOLAH BERMUTU DI SMP NEGERI KABUPATEN LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 061188130046 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
061188130046 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of 061188130046 Abstrak.pdf]
Preview
Text
061188130046 Abstrak.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of 061188130046 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
061188130046 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 061188130046 Bab I.pdf]
Preview
Text
061188130046 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 061188130046 Bab V.pdf]
Preview
Text
061188130046 Bab V.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of 061188130046 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
061188130046 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview

Abstract

Banyaknya sekolah yang tidak bermutu disebabkan kurang maksimalnya kinerja dan komponen-komponen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja komponen-komponen sekolah dalam mewujudkan sekolah yang bermutu di SMPN Kabupaten Labuhanbatu.Hipotesis ini ada lima. Pertama, adanya hubungan signifikan antara kinerja guru dengan perwujudan sekolah bermutu di SMPN Kabupaten Labuhanbatu_ Kedua, adanya hubungan signifikan antara kinerja tata usaha dengan perwujudan sekolah bermutu di SMPN Kabupaten Labuhanbatu. Ketiga, adanya hubungan signifikan antara kinerja kepala sekolah dengan perwujudan sekolah bermutu di SMPN Kabupaten Labuhanbatu. Keempat, adanya hubungan signifikan antara kinerja komite sekolah dengan perwujudan sekolah bermutu di SMPN Kabupaten Labuhanbatu. Kelima, adanya hubungan signifikan antara kinerja komponen¬komponen sekolah secara bersama-sama dengan perwujudan sekolah bermutu di SMPN Kabupaten Labuhanbatu.Populasi penelitian ini dibagi dua. Pertama, populasi sekolah adalah seluruh SMPN Kabupaten Labuhanbatu. Kedua, populasi responden adalah seluruh komponen-komponen sekolah SMPN Kabupaten Labuhanbatu. Sampel penelitian ini ada dua. Pertama, sampel sekolah berjumlah 15 SMPN dan sampel responen berjumlah 135 orang. Dalam penentuan sampel sekolah dan sampel responden menggunakan teknik sampling ganda. Istrumen yang digunakan kuesioner dengan model Skala Likert dan Isian. Kesahihan instrumen diperoleh melalui validitas isi dan reabilitas instrumen. Data dianalisis dengan analisis korelasi dan regresi melalui bantuan komputer program SPSS V.15,0. Uji koefisien korelasi dan regresi dilakukan dengan uji t dan uji F pada a = 0,05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa kinerja guru berkorelasi berarti dengan perwujudan sekolah bermutu (ryi=0,568). Kinerja tata usaha berkorelasi berarti dengan perwujudan sekolah bermutu (ry2=0,554). Kinerja kepala sekolah berkorelasi berarti dengan perwujudan sekolah bermutu (ry3=0,596) dan kinerja komite sekolah berkorelasi berarti dengan perwujudan sekolah bermutu (ry4=0,544). Secara bersama-sama, kinerja komponen-komponen sekolah berkorelasi berarti dengan perwujudan sekolah bermutu (Ry1234=0,856). Kontribusi atau sumbangan efektif kinerja komponen-komponen sekolah (kinerja guru, kinerja tata usaha, kinerja kepala sekolah dan kinerja komite sekolah) dengan perwujudan sekolah bermutu adalah sebesar 73,27%.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perwujudan sekolah bermutu di SMPN Kabupaten Labuhanbatu dapat diprediksi atau dideterminasi oleh kinerja komponen-komponen sekolah baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama. Hasil penelitian ini memberikan implikasi, bahwa kinerja komponen-komponen sekolah perlu diperhatikan penuh oleh para dinas pendidikan atau para pengambil kebijakan dan keputusan di bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.068 Tha h
Keywords: Sekolah bermutu; Kinerja guru; Tata usaha; Kepala sekolah; Komite sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jun 2016 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item
View Item