Wahyuni, Ida and Sipapaga, Desri S. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 01 (01). pp. 22-28. ISSN 2461-1247
Reviewer.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih dua kelas dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Inquiry training; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:23 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27735 |