Lestari, Bunga (2017) KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF BERBAGAI JENIS WACANA DALAM NASKAH SOAL UJIAN NASIONAL OLEH SISWA KELAS IX SMP SWASTA BANDUNG SUMATERA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2132111003 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM 2132111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
3. NIM 2132111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4. NIM 2132111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 2132111003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 2132111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 2132111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 2132111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
12. NIM 2132111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM 2132111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menemukan ide pokok paragraf berbagai jenis wacana dalam naskah soal ujian nasional pada siswa kelas IX SMP Swasta Bandung Sumatera Utara tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 78 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf berbagai jenis wacana berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 70,51. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 80-100 dengan kategori sangat baik diperoleh oleh 15 orang (19%), rentang nilai 66-79 dengan kategori baik diperoleh oleh 44 orang (56%), rentang nilai 56-65 dengan kategori cukup diperoleh oleh 10 orang (13%), rentang nilai 41-55 dalam kategori kurang diperoleh oleh 7 orang (9%), dan rentang nilai 0-40 dalam kategori gagal diperoleh oleh 2 orang (3%). Dari 5 jenis wacana yang dianalisis dapat diketahui wacana deskripsi yang lebih mudah dipahami oleh siswa hal ini dapat dibuktikan dari jumlah keseluruhan yang benar menjawab wacana deskripsi yaitu 327 atau 23,78% dengan nilai rata-rata 84,2 dalam kategori sangat baik. Wacana yang sulit adalah wacana argumentasi dengan jumlah keseluruhan yang benar menjawab adalah 211 atau 15,35% dengan nilai rata-rata 54 dalam kategori cukup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 149 |
Keywords: | Kemampuan; Ide Pokok; Jenis Wacana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:50 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27699 |