Rafiandi (2017) STUDY TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111059_COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM. 1133111059_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 1133111059_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM. 1133111059_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 1133111059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
7. NIM. 1133111059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8. NIM. 1133111059_BAB I.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
12. NIM. 1133111059_BAB V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
13. NIM. 1133111059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah yang manakah gaya kepemimpinan yang
dominan diterapkan oleh Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sei Dadap Kabupaten
Asahan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui gaya
kepemimpinan yang dominan diterapkan oleh Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan
Sei Dadap Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian
ini adalah Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan Tahun
Ajaran 2016/2017 sebanyak 19 orang yang terdiri dari 13 kepala sekolah berjenis
kelamin laki-laki dan 6 kepala sekolah berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini
dilakukan di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan selama 2
bulan, mulai dari bulan Mei hingga bulan Juni 2017. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu angket.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis mengenai “Studi
Tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sei Dadap
Kabupaten Asahan”, dimana terdapat 8 gaya kepemimpinan yang digunakan oleh
Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan, yaitu sebagai
berikut : (1) otokrasi; (2) demokrasi; (3) militeristis; (4) kontingensi; (5) kontinum;
(6) laissez; (7) paternalistik, dan (8) partisipatif. Dari kedelapan gaya tersebut gaya
kontingensi adalah gaya yang lebih dominan diterapkan Kepala Sekolah Dasar dalam
memimpin. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian dengan menggunakan
instrumen penilaian berupa angket. Hasil olahan data yang telah dihitung
menunjukkan bahwa dari 19 responden 17 diantaranya memilih jawaban sangat
sesuai dengan persentase 89,5%, sesuai sebesar 7,9%, kurang sesuai sebesar 2,6%
dan tidak sesuai sebesar 0%.. Tingginya hasil persentase sangat sesuai tersebut dapat
diketahui bahwa gaya kepemimpinan kontingensi lebih dominan diterapkan dalam
memimpin, dan selanjutnya diikuti penurunan dominan dari gaya-gaya yang lainnya.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Gaya
Kepemimpinan Kontingansi lebih dominan diterapkan oleh Kepala Sekolah Dasar
Se-Kecamatan Sei Dadap Kabupaten AsahanTahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 237 |
Keywords: | KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, GAYA KEPEMIMPINAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 11:30 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27677 |