PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T/A 2016/2017

Batubara, Herta Nofida (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T/A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 1133311061 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 1133311061 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 1133311061 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM 1133311061 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 1133311061 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. NIM 1133311061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 1133311061 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. NIM 1133311061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 1133311061 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. NIM 1133311061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 1133311061 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06. NIM 1133311061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 1133311061 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. NIM 1133311061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 1133311061 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
08. NIM 1133311061 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 1133311061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
09. NIM 1133311061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 1133311061 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 1133311061 BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 1133311061 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 1133311061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan model Picture And Picture di kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas III-b SD Negeri 101772 Tanjung Selamat yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model Picture And Picture. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan terhadap proses belajar mengajar seperti yang tercantum pada skala nilai.
Hasil penelitian dengan menggunakan model Picture And Picture pada pelajaran Bahasa Inggris di kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa yang berjumlah 25 orang siswa. Dari hasil pre test yang diberikan kepada 25 orang siswa. Diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 0 orang siswa yang mendapat nilai terampil dengan persentase (0%) dan 25 orang siswa yang mendapat nilai tidak terampil denagn persentase (100%) dengan niali rata-rata 53,62. Setelah dilaksanakan Siklus I siswa diberi post test Siklus I. Dari hasil post test Siklus I yang diberikan kepada 25 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 7 orang siswa yang mendapat nilai terampil dengan persentase (28,00%) dan 18 orang siswa yang mendapat nilai tidak terampil dengan persentase (72,00%) dengan nilai rata-rata 71,12. Di akhir siklus II siswa diberi post test siklus II. Dari hasil post test Siklus II yang diberikan kepada 25 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 22 orang siswa yang mendapat nilai terampil dengan persentase (88,00%) dan sebanyak 3 orang siswa yang mendapat nilai tidak mampu dengan persentase (12,00%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (80,72).
Peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru dengan perolehan nilai pada siklus I pertemuan 1 yaitu 53,75% dengan kriteria kurang, pertemuan 2 diperoleh nilai 70% dengan baik dan pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai 82,5% dengan kriteria baik, pertemuan 2 diperoleh nilai 95% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Oleh karena itu, model pembelajaran Picture And Picture dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 240
Keywords: PICTURE AND PICTURE; KETERAMPILAN MEMBACA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Dec 2017 11:27
Last Modified: 12 Dec 2017 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27674

Actions (login required)

View Item
View Item