Hulwani, Zetti (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A. 2017/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1133351059 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
02. NIM 1133351059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
03. NIM 1133351059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
04. NIM 1133351059 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
05. NIM 1133351059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
06. NIM 1133351059 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
07. NIM 1133351059 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. NIM 1133351059 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
09. NIM 1133351059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 1133351059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 1133351059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMPN 6 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah di kelas VIII-G SMP Negeri 6 Medan yang berjumlah 8 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang menjaring data siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah yang sebelumnya diuji coba untuk mengetahui validitas dan relibialitas angket. Angket diberikan sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok pendekatan rasional emotif therapy. Teknik analisis data menggunakan uji t hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan rasional emotif therapy terhadap kecerdasan emosi siswa. Terdapat rata-rata pre-test 72 dengan SD 17,82 dan rata-rata post-test 97 dengan SD 12,12. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil thitung > ttabel = (4,19 > 2,36). Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif therapy terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 049 |
Keywords: | KECERDASAN EMOSI ; KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27645 |