Tambunan, Faranda (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI PADA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351031_COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 1133351031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3. NIM. 1133351031_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 1133351031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 1133351031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1133351031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1133351031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 1133351031_BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 1133351031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri dalam
bersosialisasi pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik role playing terhadap kepercayaan diri dalam bersosialisasi terhadap siswa
kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini Quasi Experimental
(eksperimen semu) dengan pre test-post test one group design. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan yang
berjumlah 8 siswa, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive
sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket kepercayaan
diri dalam bersosialisasi berjumlah 30 item pernyataan yang telah valid dan
reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Data pre-test
kepercayaan diri dalam bersosialisasi diperoleh skor rata-rata 88,625 sedangkan
data post-test kepercayaan diri dalam bersosialisasi diperoleh skor rata-rata
sebesar 104,125. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing lebih tinggi daripada sebelum
mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Dari analisis
data diperoleh Jhitung = 10 dengan = 0,05, adapun Jtabel = 4. Dari data tersebut
terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 10 > 4. Artinya hipotesis diterima. Layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing memberikan kontribusi sebesar
17,48% terhadap peningkatan kepercayaan diri dalam bersosialisasi terhadap
siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 18 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 067 |
Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK ROLE PLAYING, KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERSOSIALISASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:35 |
Last Modified: | 08 Dec 2017 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27628 |