Juniar, Anna PERBAIKAN PEMBELAJARAN RUMPUN MATA KULIAH KIMIA ANALITIK MELALUI PENDEKATAN CTL DAN PENERAPAN PS PADA PEMBELAJARAN BERMODUL. Jurnal Pendidikan Science. pp. 16-19. ISSN 0853-3792
Anna Juniar.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan teaching grant perbaikan pembelajaran rumpun mata kuliah Kimia Analitik melalui pendekatan CTL, dan penerapan PS, pada pembelajaran bermodul di jurusan kimia FMIPA UNIMED untuk mahasiswa S1 2005-NK sebanyak 33 orang. Teaching grant ini brtujuan untuk membuat rencana perkuliahan berbasiskan kompetensi, memperbaiki intraksi antara dosen- mahasiswa dan mahasiswa mahasiswa serta memperbaiki hasil belajar mata kuliah Rumpun Kimia Analitik.Hasil kegiatan teaching grant menunjukkan bahwa nilai hasil belajar f1 = 66,06+0,94 dengan p1 73,37± 0,0005;F2=52,30 ±2,12 dengan p2= 84,06±2,65 dan F3=55,21±0,01 dengan P1 =69,36±0,0036 Hasil analisis angket yang diberikan kepada mahasiswa menunjukan bahwa 63.63% responden sangat setuju untuk penerapan model pembelajaran ini. Dari uji untuk interaksi F1 denga P1.P1 dengan P2 serta P2 dengan P2 dan á-0.975 dk=31, F tabel-2,06 diperoleh F hitung˂Ftabel, yang berarti ada perbedaan yang signifikan untuk berbagi intereksi belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Contextual Teaching Learning; PS; Hasil belajar; Kimia analitik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:48 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/276 |